Saturday 18 May 2013

artikel 2 E-Commerce


Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan kali ini saya, Muhammad Adi Baskoro NPM G1A010021 akan mencoba menulis sebuah artikel menulis mengenai tugas yang diberikan oleh asisten dosen kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pemrograman Internet dan E-Commerce. Pada tugas artikel yang kedua ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan e-commerce itu.

E-Commerce itu  merupakan proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, atau antara perusahaan dengan pelanggan (customer), maupun antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan publik.

Kita mengetahui bahwa  metode pembayaran yang dilakukan oleh e-commerce terbagi menjadi dua, yaitu pembayaran secara offline dan pembayaran secara online. Pembayaran yang dilakukan secara offline adalah pembayaran langsung di toko. Sedangkan untuk pembayaran secara online dapat dibedakan menjadi 4 yaitu e-banking, setoran tunai, paypal dan transfer via ATM.

 Pembayaran Offline                            
          Pembayaran yang dilakukan secara offline pada e-commerce adalah pembayaran langsung di toko. yang merupakan pembayaran secara umum yang telah dilakukan oleh banyak orang, biasanya konsumen datang ke toko untuk melihat barang, apabila ada yang cocok sesuai keinginannya maka konsumen memesan barang tersebut ke kasir atau penjaga toko. Lalu, pembayaran dilakukan secara langsung di toko tersebut kepada kasir dan konsumen dapat membawa langsung barang yang telah dibelinya dengan membawa nota penjualan sebagai tanda bukti pembayaran. 
               
               Pembayaran Online
            Pembayaran yang dilakukan secara online pada e-commerce adalah paypal, e-banking, setoran tunai dan transfer via ATM. Ketika kita menjalankan bisnis secara online, kita membutuhkan metode pembayaran untuk memproses pemindahan uang dari pembeli ke penjual. Pada bisnis secara offline, kita bisa melakukan pemindahan uang secara langsung di toko. Namun, berbeda dengan bisnis secara online, bisnis secara online tidak dilakukan secara langsung (tatap muka) namun menggunakan media perantara, misalnya internet. Pembeli memilih barang atau jasa yang ditawarkan melalui website kemudian membayar dan pada akhirnya menerima barang atau jasa yang telah ia bayarkan. Salah satu kendala yang dihadapi pada bisnis online adalah keterbatasan waktu dan tempat, artinya pembeli dan penjual sangat kecil kemungkinan untuk bertemu secara langsung bahkan bisa saja tidak harus bertemu. Metode pembayaran secara online diperlukan untuk mempermudah proses pembayaran pada transaksi yang akan dilakukan.

Beberapa pertimbangan memilih metode pembayaran antara lain :
- Penggunaan yang mudah
- Terpercaya
- Diterima secara luas
- Biaya yang murah

    Demikian terimakasih, semoga bermanfaat :) arigatou ghozaimasta



No comments:

Post a Comment